Pendekatan Holistik (Whole Language) Dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Arab

Main Article Content

Mochamad Afroni

Abstract

alam pembelajaran bahasa Arab, terdapat empat maharah yang harus dikuasai
oleh para peserta didik, yaitu maharah istima’, maharah kalam, maharah kitabah dan
maharah qiro’ah. Keempat maharah tersebut tidak dapat dipisahkan satu dengan yang
lainnya. Dalam tulisan ini penulis membahas tentang pembelajaran bahasa dengan
menggunakan pendekatan holistik. Dengan menggunakan pendekatan holistik keempat
maharah tersebut dapat diajarkan secara menyeluruh. Tujuan penelitian ini yaitu untuk
mengetahui potensi peserta didik dalam pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan
pendekatan holistik. Metode yang digunakan penulis untuk mencapai tujuan tersebut yaitu
dengan menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode
observasi non partisipasi (nonparticipatory observation). Hasil yang diperoleh dari penelitian
ini adalah yaitu meningkatnya spiritualitas peserta didik, meningkatkan pemahaman
pelajaran bahasa arab, pembelajaran yang aplikatif dan efektif, dan mewujudkan pribadi
berkarakter. Selain itu, peserta didik dapat belajar bahasa arab secara utuh, lingkungan
belajar yang berintergritas, mewujudkan pribadi berintegritas antara individu dan sosial,
fokus dalam belajar, mengembangkan peserta didik sesuai potensi.

Article Details

How to Cite
AFRONI, Mochamad. Pendekatan Holistik (Whole Language) Dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Arab. DINAMIKA, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 144-163, july 2017. ISSN 2548-6896. Available at: <http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/dinamika/article/view/133>. Date accessed: 21 nov. 2017.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.