Analisis Dampak Alih Fungsi Lahan Pertanian Di Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro

  • Moh. Mustofa
Keywords: Kecamatan Gayam, Alih Fungsi Lahan Pertanian, Industri Migas

Abstract

Kecamatan gayam mayoritas merupakan lahan pertanian. Dengan adanya aktifitas industri migas, kebutuhan lahan pertanian semakin berkurang. Sementara itu ketersediaan atau luas lahan pada dasarnya tidak berubah, sehingga peningkatan kebutuhan lahan untuk suatu kegiatan akan mengurangi ketersediaan lahan untuk kegiatan lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi alih fungsi lahan pertanian di Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro terhadap adanya industri migas. Dalam penelitian ini metode yang digunakan untuk pengumpulan data digunakan metode snowball sampling. Metode ini dipilih karena jumlah populasi yang akan diteliti tidak diketahui secara pasti sedangkan dalam pengolahan data digunakan metode analisis deskriftif dan analisis kuantitatif. Penelitian ini diharapkan bisa membantu menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi alih fungsi lahan pertanian di Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro.

Kata kunci:  Kecamatan Gayam, Alih Fungsi Lahan Pertanian, Industri Migas

Published
2019-11-12
How to Cite
Mustofa, M. (2019). Analisis Dampak Alih Fungsi Lahan Pertanian Di Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin, 2(1), 307-312. Retrieved from https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/snami/article/view/706

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.