Supportive Therapy Sebagai Media Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Pasien Skizofrenia Paranoid

  • Diah Miranti
  • Herlan Pratikno
Keywords: Supportive therapy, paranoid, schizophrenia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan intervensi kepada salah satu pasien skizofrenia yang berada di RSJ Menur  Surabaya. Subjek adalah seorang laki-laki berusia 51 tahun yang mengalami gangguan skizofrenia paranoid sejak 2 (dua) tahun lalu. Peneliti memberikan intervensi berupa supportive therapy (terapi supportif) sebagai media untuk meningkatkan rasa percaya diri, menyembuhkan dan peningkatan kesehatan mental. Terapi ini diyakini mampu membantu meningkatkan rasa percaya diri (self-confidence), penerimaan diri (self-acceptance) serta membantu untuk kembali beraktivitas dan melakukan sosialisasi dimasyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitan ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dengan tahap-tahap terapi dimulai dari building raport, wawancara, konfrontasi asses belief, disput irrasional belief, pemberian dukungan, teknik pernafasan dan jadwal harian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa supportive therapy efektif digunakan sebagai media meningkatkan kepercayaan diri klien dan meningkatkan kesadaran realitas serta membantu mengembangkan ketrampilan penyesuaian diri.

 

Kata kunci: Supportive therapy, paranoid schizophrenia

Published
2019-11-11
How to Cite
Miranti, D., & Pratikno, H. (2019). Supportive Therapy Sebagai Media Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Pasien Skizofrenia Paranoid. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin, 2(1), 173-179. Retrieved from https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/snami/article/view/687

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.