Implementasi Media Mobile Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

  • Moh. Faridl Darmawan
  • Afif Kholisun Nashoih
Keywords: implementasi, mobile learning, bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan penggunaan media mobile learning, serta mendeskripsikan implementasi media mobile learning sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Tarbiyatun Nasyi’in Jombang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah human instrument atau peneliti sendiri, dengan alat bantu berupa tes dan observasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa penerapan media mobile learning memberikan pengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa sebesar 27,87% yang merupakan selisi dari hasil pretes dengan rerata 53,26% dan postes dengan rerata 80,13%. Meingkatnya hasil tersebut merupakan sebuah tanda bahwa para siswa memiliki minat dan motivasi yang besar ketika digunakan media mobile learning dalam proses pembelajaran.

 

Kata kunci : implementasi, mobile learning, bahasa Indonesia.

Published
2019-11-11
How to Cite
Darmawan, M., & Nashoih, A. (2019). Implementasi Media Mobile Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin, 2(1), 153-158. Retrieved from https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/snami/article/view/683

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.