Implementasi Praktikum Elektronika Dasar menggunakan Media Praktikum dengan Optimasi Kecerdasan Visual Spasial untuk Melatih Kemandirian Mahasiswa dalam Merangkai Komponen Listrik

Authors

  • Novia Ayu Sekar Pertiwi
  • Fatikhatun Nikmatus Sholihah

Keywords:

elektronika dasar, visual-spasial, kemandirian

Abstract

Praktikum merupakan kegiatan wajib dalam kurikulum pendidikan fisika. Salah satu kegiatan praktikum dalam kurikulum pendidikan fisika adalah praktikum elektronika dasar dimana mahasiswa dituntut menyusun komponen-kompenen listrik sesuai skema. Berdasarkan pengalaman peneliti dalam mengampu mata kuliah praktikum elektronika dasar, mahasiswa belum dapat menyusun rangkaian sesuai dengan skema secara mandiri. Kesulitan tersebut disebabkan oleh ketidakmampuan mahasiswa dalam menginterpretasikan skema rangkaian listrik untuk disusun menjadi rangkaian listrik pada project board atau mahasiswa kesulitan dalam memahami jalur sambungan project board karena tidak semua lubang pada project board memiliki arah sambungan yang sama dan sambungan tersebut tertutup oleh kemasan project board. Kemampuan menginterpretasikan skema rangkaian menjadi rangkaian listrik sesuai skema pada project boad atau memahami jalur sambungan project board berkaitan dengan kecerdasan visual spasial. Penggunaan isyarat visual sangat menjajikan untuk penalaran dan perhatian visual. Berdasarkan latar belakang tersebut dan mengingat kemampuan menyusun rangkaian listrik sesuai skema adalah keterampilan yang harus dimiliki mahasiswa pendidikan fisika sebagai calon guru fisika, peneliti melaksanakan praktikum  menggunakan media praktikum  dengan optimasi Kecerdasan Visual Spasial. Penggunaan media praktikum Elektronika Dasar dengan mengoptimalkan kecerdasan visual spasial dalam penelitian ini terbukti  dapat  membantu 86% mahasiswa  dalam menyusun rangkaian listrik secara mandiri.

 

Kata kunci: elektronika dasar, visual-spasial, kemandirian

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-11-11

How to Cite

Pertiwi, N. A. S., & Sholihah, F. N. (2019). Implementasi Praktikum Elektronika Dasar menggunakan Media Praktikum dengan Optimasi Kecerdasan Visual Spasial untuk Melatih Kemandirian Mahasiswa dalam Merangkai Komponen Listrik. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin, 2(1), 129–136. Retrieved from https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/snami/article/view/680