RESPON SISWA TERHADAP BAHAN AJAR QAWAID BAHASA ARAB BERBASIS MIND MAP
Keywords:
Respon Siswa, Qawaid bahasa arab, Bahan AjarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab terhadap Bahan Ajar Qawaid berbasis Mind Map. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan ( R&D ) dengan model Borg and Gall. Subjek penelitian ini melibatkan siswa kelas VIII SMP Unggulan Mojoagung. Produk di uji cobakan ke siswa melalui tiga tahap, yaitu 5 siswa pada uji coba perorangan, 10 siswa pada uji coba kelompok kecil, dan 35 siswa pada uji coba lapangan. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data dari uji ahli materi, uji ahli Media dan respon siswa. Untuk validasi media pembelajaran dan respon siswa diperoleh dengan menggunakan metode angket. untuk prosentase nilai validasi yaitu sebanyak 86,67 untuk ahli media, dan 85 untuk ahli desain. Sedangkan perhitungan dari respon siswa mendapat prosentase sebanyak 84,4 Dengan kategori sangat baik. sehingga bahan ajar ini layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran yaitu pada pembelajaran bahasa arab pada materi qawaid.
Kata kunci: Respon Siswa, Bahan Ajar, Qawaid bahasa arab