Desain Aplikasi POS untuk Murid Pemula

Authors

  • Himmatus Sya’diyah
  • Nurul Afidah
  • Luluk Choirun Nisak Nur

Keywords:

teknologi, media pembelajaran, aplikasi pos, murid pemula

Abstract

Teknologi berkembang sangat pesat dan mempengaruhi semua aspek kehidupan. Tidak terkecuali aspek pendidikan. Bahasa Inggris   akan lebih menyenangkan jika kita menggunakan media yang menarik. Teknologi dapat membantu meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa inggris dengan mengembangkan media pembelajaran melalui teknologi untuk semua tingkatan. Salah satunya adalah sekolah menengah pertama. Oleh karena  itu,  peneliti  bertujuan  untuk  mendesain  media  pembelajaran bahasa  inggris  untuk  murid  pemula khususnya untuk materi part of speech. Peneliti menggunakan model penelitian dan pengembangan (RnD) yang mengadaptasi model Borg and Gall. Nama media pembelajaran ini adalah aplikasi POS. Maksud dari POS adalah “Part of Speech” dan media ini menjelaskan semua materi part of speech. Media pembelajaran bahasa inggris ini sudah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Sedangkan, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan wawancara. Subjek dari penilitian ini adalah 20 siswa kelas tujuh Mts Al- Hikmah Jombang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) hasil skor dari ahli materi 76,6 ; 2) hasil skor dari ahli media 76,25 ; 3) hasil skor dari uji coba 91,45. Dari hasil di atas, peneliti menyimpulkan bahwa aplikasi POS layak untuk digunakan dalam, pembelajaran bahasa Inggris.

Kata kunci: teknologi, media pembelajaran, aplikasi pos, murid pemula.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-11-11

How to Cite

Sya’diyah, H., Afidah, N., & Nisak Nur, L. C. (2019). Desain Aplikasi POS untuk Murid Pemula. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin, 2(1), 86–91. Retrieved from https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/snami/article/view/673