Developing Learning Media Using Augmented Reality Technology for English Learners
Keywords:
kartu kosa kata, augmented reality, , media pembelajaraan bahasa inggris, siswa pemulaAbstract
Abstrak . Saat ini perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan sangatlah cepat. Media yang digunakan saat ini harus mengikuti kemajuan teknologi yang ada. Dalam belajar bahasa inggris khususnya pada speaking skilll, pengembangan media pembelajaraan berbasis teknologi perlu dikembangkan untuk meningkatkan speaking skill siswa. Oleh karena itu, peneliti bertujuan mendesain media pembelajaraan bahasa inggris berupa kartu kosa kata untuk pemula sebagai media yang sesuai dalam pembelajaran bahasa inggris. Media ini mengunakan teknologi augmented reality. Augmented reality merupakan inovasi dari grafik komputer yang menyajikan visualisasi dan animasi dari objek. Aplikasi augmented reality dalam dunia pendidikan merupakan salah satu yang memliki daya tarik yang kuat kepada siswa dan memberikan kebebasan pada siswa untuk melakukan proses pengamatan sendiri. Aplikasi augmented reality ini di desain untuk memudahkan atau membantu murid dalam menghafal kosa kata untuk menarik minat belajar bahasa inggris. Media pembelajaran bahasa inggris ini sebelum di uji coba kepada siswa telah di validasi oleh ahli materi dan ahli media. Sedangkan instrumen penelitian ini berupa kuestionaire pada ahli materi, media dan siswa. Dari hasil penelitian terdapat beberapa saran, yaitu : 1). Media pembelajaraan kartu kosa kata (vocar) sebagai media pembelajaraan alternatif flash card saat ini. 2). Kartu kosa kata (vocar) dikembangan dari media pembelajaraan flash card. 3). Kartu kosa kata merupakan inovasi baru. Media ini dapat digunakan oleh peserta didik dirumah atau ditempat lain.
Kata kunci: kartu kosa kata, augmented reality, media pembelajaraan bahasa inggris, siswa pemula.