PENGARUH STORE ENVIRONMENT, FASHION INVOLVEMENT, DAN SALES PROMOTION TERHADAP CUSTOMER IMPULSE BUYING

  • Eny Pratiwi STIE Al-Anwar
  • Indra Krishernawan STIE Al-Anwar
  • Wiwik Istyarini STIE Al-Anwar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh store environment, fashion involvement, dan sales promotion terhadap customer impulse buying (Studi pada Konsumen Matahari Sunrise Mall Mojokerto). Penelitian ini dilakukan di Matahari Sunrise Mall Mojokerto. Pengukuran sampel diambil sebanyak 100 orang responden. Nonprobability sampling dengan teknik accidental sampling adalah teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel dalam penelitian ini. Penyebaran kuesioner dilakukan untuk mengukur skala likert dengan jumlah indikator sebanyak 20 . Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS statistik 21. Dari penelitian yang dilakukan didapatkan hasil; 1) Store environment secara parsial tidak berpengaruh terhadap customer impulse buying dilihat dari T hitung 0,660 < T tabel 1,661; 2) Fashion involvement secara parsial dan positif berpengaruh terhadap customer impulse buying dilihat dari T hitung 2,790 > T tabel 1,661; 3) Sales Promotion secara parsial dan positif berpengaruh terhadap customer impulse buying dilihat dari T hitung 2,344 > T tabel 1,661; 4) Store environment, fashion involvement, dan sales promotion berpengaruh secara bersama-sama (simultan) dengan signifikan dan positif terhadap customer impulse buying dilihat dari nilai F tabel < F hitung (2,699 < 8,628) dengan koefisien regresi Y = 0,666 + 0,107X1 + 0,362X2 + 0,150X3 + Ҽ. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel store environment ditolak, karena tidak berpengaruh terhadap customer impulse buying yang ada di Matahari Sunrise Mall Mojokerto. Sedangkan variabel fashion involvement dan variabel sales promotion diterima karena berpengaruh terhadap customer impulse buying.

Kata Kunci : Customer Impulse Buying, Fashion Involvement, Sales Promotion, Store Environment.

Published
2020-05-04

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.