Pengaruh Motivasi, Pengalaman Kerja, dan Disiplin Kerja Terhadap Prestasi Kerja Guru SMK Raden Rahmat Kabupaten Mojokerto
DOI:
https://doi.org/10.32764/margin.v7i1.3880Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) motivasi yang diberikan antara guru/pengawas di SMK Raden Rahmat (2) pengalaman kerja guru di SMK Raden Rahmat (3) seberapa disiplin guru di SMK Raden Rahmat (4) apakah ada pengaruh yang signifikan antara motivasi, pengalaman kerja, dan disiplin kerja terhadap prestasi kerja guru SMK Raden Rahmat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru GTY di SMK Raden Rahmat yang berjumlah 50 guru dan menggunakan teknik sampel jenuh yaitu seluruh anggota populasi dijadikan sampel. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan skala Likert yang memiliki 5 alternatif jawaban. Uji validitas instrumen menggunakan analisis item dan dihitung menggunakan rumus product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Croncbach's Alpha. Prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji parsial (t), uji simultan (F), dan uji dominan serta dihitung melalui program SPSS 14.00. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa (1) motivasi tidak berpengaruh secara parsial terhadap prestasi kerja. (2) Pengalaman kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi kerja. (3) Disiplin berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi kerja. Secara simultan pengaruh lingkungan kerja, pelatihan, dan motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dimana F hitung 5,411 > F tabel 4,03. Secara dominan yang paling berpengaruh terhadap prestasi kerja adalah variabel disiplin kerja.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Chairul Anam, Azizah Fitriani, Chamdan Purnama, Kumi Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.