PENGARUH EVALUASI KONSUMEN ATAS PERLUASAN MEREK TERHADAP NIAT PEMBELIAN ULANG MELALUI SIKAP KONSUMEN PADA PRODUK MARGARIN FILMA DI SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.32764/margin.v2i2.324Abstract
Penelitian ini berfokus pada analisa pengaruh faktor-faktor kesuksesan perluasan merek terhadap pembelian ulang melalui sikap konsumen pada produk margarin Filma. Berdasarkan telaah literatur, faktor-faktor kesuksesan perluasan merek diukur melalui kemiripan, reputasi merek induk, resiko yang dirasa dan inovatif. Dilain pihak pembelian ulang diukur melalui kemauan membeli ulang dan menentukan preferensi merek. Sampel penelitian ini merupakan konsumen yang membeli margarin Filma di Surabaya. Ada 384 responden konsumen yang digunakan untuk keperluan pelaksanaan penelitian ini. Data yanng diperoleh dari penelitian dianalisa dengan menggunakan program SPSS 13.0. Program SPSS digunakan untuk keperluan menjalankan teknik analisa statistik yang bernama Analisa Jalur.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemiripan, reputasi merek induk, resiko yang dirasa dan inovatif berpengaruh secara signifikan terhadap sikap konsumen. Sikap konsumen secara signifikan berpengaruh terhadap pembelian ulang dan hasil penelitian juga menunjukkan bahwa sikap konsumen merupakan variabel mediator dalam hubungan antara merek induk, resiko yang dirasa dan inovatif dengan pembelian ulang.
Kata kunci: perluasan merek, sikap konsumen, pembelian ulang, preferensi merek