PENGARUH STRATEGI INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION (IMC) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK WARDAH DI KABUPATEN JOMBANG
DOI:
https://doi.org/10.32764/margin.v3i2.2337Abstract
Perkembangan kosmetik dari tahun ke tahun mengalami pertumbuhan yang sangat pesat, mulai dari produk kosmetik lokal hingga produk kosmetik luar. Untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat Wardah menggunakan strategi Integrated Marketing Communication (IMC) yang mencakup upaya koordinasi dari berbagai elemen promosi dan kegiatan pemasaran lainnya. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh strategi Integrated Marketing Communication (IMC) terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Wardah di kabupaten Jombang. Adapun metode pengambilan sampel dengan menggunakan accidental sampel. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan metode regresi linier berganda dapat disimpulkan bahwa variabel advertising berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Public relation tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel sales promotion berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan advertising, public relation, dan sales promotion berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Dalam hal ini dapat menjadi pertimbangan agar perusahaan menyelenggarakan event atau kegiatan publisitas agar masyarakat dapat mengetahui dan dapat mengikuti kegiatan positif tersebut sehingga dapat meningkatkan penjualan atau peminat produk Wardah.