PENGARUH FAKTOR SOSIAL, PSYCHOLOGICAL DAN CULTURAL SEBAGAI DASAR KEPUTUSAN PEMILIHAN JASA LAYANAN FISIOTERAPI MELALUI STIMULUS EMOSI POSITIF (Studi Kasus pada Kaffah Healthy Care KulonProgo)

Authors

  • Azizah Fitriani STIE AL-ANWAR MOJOKERTO
  • Muhammad Hijrah STIE Al Anwar Mojokerto

DOI:

https://doi.org/10.32764/margin.v4i2.1173

Abstract

ABSTRAK           

Dalam memenuhi kebutuhan barang jasa konsumen akan mencari informasi dan rekomendasi dari beberapa sumber yang dinilai dan diyakini memberikan informasi yang benar . Faktor sosial yang bisa diperoleh dari masyaakat , faktor psikologi merupakan hasil pembelajaran  invidu juga beberapa kebiasan dan budaya dilingkungan sekitar merupakan factor yang mempengaruhi konsumen dalam menilai barang dan jasa dan selanjutnya menenukan pilihan produk yang dibutuhkan yang sehingga konsumen dapat memenuhi semua kebutuhannya sesuai dengan preferensi mereka . Dengan melakukan penelitian ini dapat diketahui proses pembelajaran dari beberapa factor yaitu sosial, psychological dan cultural sebagai pertimbangan dalam  pemilihan jasa layanan fisioterapi dengan emosi positif sebagai variabel intervening di Kaffah Healty Care Kulonprogo.             Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian dengan berbasis kuantitatif untuk kegiatan operasional di lingkup Kaffah Healthy Care Kulonprogo. Dalam membuktikan hipotesis yang diajukan dengan menggunakan uji parsial (Uji t menggunakan analisis struktural equation modeling dengan alat statistik Smart PLS.  Dari anaisis data diperoleh hasil psychological dan cultural secara signifikan  terbukti mempunyai pengaruh terhadap keputusan pemilihan jasa layanan fisioterapi. Adapaun hasil analisis statistic diketahui factor social tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pemilihan jasa layanan fisioterapi di Kaffah Healthy Care Kulonprogo. Faktor sosial  dan cultural kinerja secara statistik terbukti memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pemilihan jasa layanan fisioterapi melalui emosi positif. Sedangkan psychological secara statistik tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan pemilihan jasa layanan fisioterapi melalui emosi positif di Kaffah Healthy Care Kulonprogo. Kata kunci : perilaku konsumen, emosi positif dan keputusan pemilihan fisioterapi

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-10-11