Kesalahan Fonologi dalam Membaca Al-Qur’an pada Siswi Penutur Bahasa Sunda di Tahfiz Qur’an Al-Marjan
DOI:
https://doi.org/10.32764/lahjah.v8i1.5936Keywords:
Ilmu Ashwat, Kesalahan Fonologi, Keterampilan MembacaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan fonologi dalam bacaan Al-Qur’an surat An-Naba pada siswi penutur bahasa Sunda di Tahfiz Qur’an Al-Marjan, faktor penyebab terjadinya kesalahan fonologis pada siswi penutur bahasa sunda dan strategi meminimalisir kesalahan fonologi dalam membaca Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan analisis isi (content Analysis) dan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan fonologi yang dominan meliputi kesalahan dalam pengucapan huruf-huruf tertentu seperti ذ، ث، ص، ض، ط، ق، ف، ز, dan ش, yang umumnya disebabkan oleh transfer fonologi dari bahasa ibu dan kebiasaan dialek sehari-hari, penelitian ini juga mengidentifikasi strategi pembelajaran yang diterapkan guru dalam mengatasi kesalahan tersebut, seperti pelatihan pelafalan intensif artikulasi huruf hijaiyyah sebelum muroja’ah dan hafalan. Temuan ini diharapkan dapat menjadi dasar bagi pengembangan metode pembelajaran membaca Al-Qur’an yang lebih efektif, khususnya bagi penutur bahasa daerah seperti bahasa Sunda.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hilyah Ahya Muthmainnah, Lina Marlina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.






