Desain Buku Qira’ah Berbasis Nilai Religius sebagai Media Pembentukan Karakter Islami Siswa

Authors

  • Khikmatul Khoirul Fuaddah Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Amrini Shofiyani Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

DOI:

https://doi.org/10.32764/lahjah.v8i1.5883

Keywords:

Bahan Ajar, Maharah Qira'ah, Nilai Religius, Pembelajaran Bahasa Arab

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar maharah qira’ah berbasis nilai-nilai religius bagi siswa kelas XII di MA Unggulan KH. Abd. Wahab Hasbullah Tambakberas, Jombang. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang mencakup tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian terdiri dari ahli materi, ahli media, dan siswa kelas XII sebagai pengguna bahan ajar. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, angket, validasi ahli, dan tes hasil belajar (pre-test dan post-test). Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan sangat layak, dengan persentase kelayakan 90% dari ahli materi dan 95% dari ahli media. Uji coba lapangan menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa, dari rata-rata nilai pre-test 58,75 menjadi 83,88 pada post-test. Respons siswa terhadap bahan ajar mencapai 76,71%, yang termasuk kategori layak. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar maharah qira’ah berbasis nilai religius efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca teks Arab sekaligus menanamkan nilai-nilai religius pada siswa.

Downloads

Published

2025-06-28

Issue

Section

Articles