Penggunaan Media Google Form dalam Evaluasi Pembelajaran Maharah Kitabah di Madrasah Aliyah Lombok Tengah
DOI:
https://doi.org/10.32764/lahjah.v8i1.4621Keywords:
Maharah Kitabah, Google Form, Evaluasi Maharah KitabahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penerapan Google Form dalam proses evaluasi pembelajaran maharah kitabah (keterampilan menulis) bahasa Arab. Metode kualitatif digunakan dalam penelitian ini, dilakukan di MA Darul Hikmah Jeruk Manis, Lombok Tengah NTB, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X pada tahun ajaran 2024/2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Google Form dalam evaluasi pembelajaran bahasa Arab, terutama pada aspek maharah kitabah, membawa dampak positif yang signifikan. Salah satu manfaat utama adalah kemudahan bagi guru dalam memberikan penilaian, sekaligus menghemat waktu dan tenaga. Selain itu, penggunaan Google Form juga berhasil meningkatkan motivasi dan antusiasme siswa dalam menyelesaikan tugas evaluasi. Tidak hanya itu, penggunaan teknologi ini juga sejalan dengan upaya penghematan kertas, yang merupakan wujud kepedulian terhadap lingkungan. Meskipun terdapat beberapa kendala, seperti kesalahan dalam pengisian formulir, namun hal tersebut justru dilihat sebagai peluang bagi siswa untuk terus mengasah keterampilan menulis mereka.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 M. Rasyid Ridlo, Rizki Fauzan Hakim, Suparmanto Suparmanto, Mazliani Sahidin, Salsabillah Firdaus, Ragil Aulia Wulandari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.