Desain Pengembangan Buku Ajar Bahasa Arab Berbasis Permainan Edukatif Gramatikal Bahasa Arab

Authors

  • Maulidi Maulidi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang
  • Aufia Aisa Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang

DOI:

https://doi.org/10.32764/allahjah.v6i2.2948

Keywords:

Pengembangan buku ajar, Permainan edukatif, Gramatilkal Bahasa arab, Development of textbooks, Educational games, Arabic grammar

Abstract

The need for textbook materials is very important in following up on the continuity of scientific transformation.  This study aims to determine the development of Arabic language textbook materials for MA Al-Bairuny students by using needs analysis and validating the feasibility of textbook materials with a communicative approach according to experts.  The researcher developed this educational game-based textbook which aims to make it easier for students to understand, especially in Arabic grammar, not only theoretical but also practical and communicative.  Data collection techniques using observation, questionnaires, interviews, and documentation.  The method used in this research is R&D adopting the ADDIE development model (analysis, design, develop, implementation, evaluation). The Educational Game book is a product of textbook materials produced through needs analysis and input from experts.  The test results of this book indicate that this book is effective in meeting the needs of students in improving Arabic language competence through mastery of Arabic grammar in their learning materials.

 

 

Keywords: Development of textbooks, Educational games, Arabic grammar

 

ABSTRAK

Kebutuhan terhadap bahan buku ajar sangat penting dalam menindak lanjuti kerlangsungan transformasi keilmiuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangn bahan buku ajar Bahasa arab untuk siswa MA Al-Bairuny dengan menggunakan analisis kebutuhan dan validitasi kelayakan bahan buku ajar dengan pendekatan komonikatif menurut para ahli. Peneliti mengembangkan bahan buku ajar berbasis permainan edukatif ini bertujuan agar mempermudah siswa dalam memahami khususnya dalam gramatikal Bahasa arab tidak hanya teoritis tetapi juga praktis dan komonikatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D mengadopsi model pengembangan ADDIE (analisy, design, develop, implementation, evaluation) buku Permainan Edukatif merupakan produk bahan buku ajar yang dihasilkan melalui analisis kebutuhan dan masukan-masukan dari para ahli. Hasil uji coba buku ini menunjukkan bahwa buku ini efektif dalam memenuhi kebutuhan siswa dalam meningkatkan kompotensi Bahasa arab melalui penguasaan gramatikal Bahasa arab dalam materi pembelajaran mereka

 

Kata Kunci: Pengembangan buku ajar, Permainan edukatif, Gramatilkal Bahasa arab

Downloads

Published

2023-07-04

Issue

Section

Articles