IMPLEMENTASI MANAJEMEN RESIKO PADA USAHA UMKM Pada TAHU BAROKAH DI KECAMATAN MOJOAGUNG
DOI:
https://doi.org/10.32764/istismar.v7i1.3517Abstract
Abstrak : Pelaku usaha terkadang dihadapkan pada resiko penurunan, dan pelemahan kinerja yang mengkibatkan penurunan profit perusahaan akibat ketidakpastian iklim bisnis. Sebagai obyek yang diteliti Perusahaan Tahu Barokah Mojoagung dihadapkan pada resiko kerugian, baik dalam pengelolaan dan penjualan, hal ini berakibat pada kesulitan masyarakat dalam mendapatkan pekerjaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa Implementasi manajemen resiko pada usaha Tahu barokah Mojoagung. Penelitian lapangan in menggunakan pendekatan kualitatif, data autentik diambil secara objektif melalui wawancara, dan observasi kemudian dinalisis dan dibahas dengan bantuan data studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Industri Tahu Barokah memiliki potensi besar di masa depan. Potensi profit masuk dalam kategori baik karena dalam proses pemasaran tidak mengalami kendala yang berarti, bahkan produsen kuwalahan dalam penerimaan pesanan tahu yang berlimpah, karena kapasitas produk yang terbatas. Hanya saha Industri Tahu Barokah belum memprioritaskan analisisis persaingan, marketing, segmentasi pasar, personality dan perlengkapan kantor, dan promosi kurang diperhatikan.