PENERAPAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME MENGGUNAKAN MEDIA BENDA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GEOMETRI BANGUN RUANG DI SDN KARANGMOJO II

Authors

  • Fitri Umardiyah Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

DOI:

https://doi.org/10.32764/eduscope.v5i2.824

Abstract

ABSTRACT

Constructivism learning is generative learning, namely the act of creating something meaningful from what is learned. This learning is very suitable for the material of building space using concrete objects media because students can construct their own knowledge from what has been learned. Based on classroom action research conducted at SDN Karangmojo II, there was an increase in student learning outcomes in class V at the second meeting, from 54% of students completing KKM to 88% of students completing KKM. Therefore, it can be concluded that constructivism learning using concrete objects media can actually improve student learning outcomes V on geometry material of space.

Keywords: Konstruktivisme Learning, Media benda konkret, Geometri bangun ruang

 

ABSTRAK

Pembelajaran konstruktivisme merupakan pembelajaran yang bersifat generatif, yaitu tindakan mencipta sesuatu makna dari apa yang dipelajari. Pembelajaran ini sangat sesuai pada materi bangun ruang dengan menggunakan media benda konkret karena siswa dapat mengkonstruk sendiri pengetahuannya dari apa yang telah dipelajari. Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SDN Karangmojo II didapatkan peningkatan hasil belajar siswa kelas V pada pertemuan kedua yaitu dari 54% siswa tuntas KKM menjadi 88% siswa yang tuntas KKM. Oleh karena itu, dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran konstruktivisme menggunakan media benda konkret  ternyata dapat meningkatkan hasil belajar siswa V pada materi geometri bangun ruang.

Kata Kunci:  Pembelajaran Konstruktivisme, Media benda konkret, Geometri bangun ruang

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2020-03-12

How to Cite

Umardiyah, F. (2020). PENERAPAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME MENGGUNAKAN MEDIA BENDA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GEOMETRI BANGUN RUANG DI SDN KARANGMOJO II. EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Dan Teknologi, 5(2), 85–90. https://doi.org/10.32764/eduscope.v5i2.824