Strategi Penanaman Nilai-Nilai Keteladanan Perspektif Imam Al-Ghozali untuk Kelas Inklusi di MA Darun Najah

Authors

  • Alfi Masluqi Universitas KH. A. Wahab Habullah

DOI:

https://doi.org/10.32764/eduscope.v9i2.3815

Abstract

ABSTRACT

The purpose of this study is to be able to describe the implementation strategy of instilling exemplary values in the inclusion class Imam Al-Ghozali's perspective to determine supporting and inhibiting factors. The approach used by researchers is a qualitative approach.  The data presented in this study contains various educational and learning activities, problems in instilling moral values and solutions in overcoming the problem of instilling moral values in children with special needs from the perspective of Imam Al-Ghozali at MA Darun Najah Malang. The presence of researchers is very important, therefore researchers go directly into the field to observe and collect the data needed. Primary data sources are obtained directly from research subjects using data collection tools directly on the subject as a source of information sought. The secondary data in this study are written data sources, namely books, journals. The interviews used in this study were structured interviews. The results obtained can be concluded as follows: The strategy of instilling exemplary values in the inclusion class at MA Darun Najah Malang is implemented through the instillation of moral values in students in the inclusion class (through example, habituation, advice, reprimands and punishments).

KEYWORDS: strategy, planting, exemplary and Al-Ghozali.

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini Agar dapat mendeskripsiskan strategi pelaksanaan penanaman nilai nilai keteladanan pada kelas inklusi Prespektif imam Al-Ghozali untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat. Pendekatan yang digunakan peneliti adalah pendekatan kualitatif. Data yang di sajikan dalam penelitian ini berisi berbagai kegiatan pendidikan dan pembelajaran, problematika penanaman nilai-nilai akhlak dan solusi dalam mengatasi problematika penanaman nilai-nilai akhlak pada anak berkebutuhan khusus perspektif imam Al-Ghozali di MA Darun Najah Malang. Kehadiran peneliti sangatlah penting, oleh karena itu peneliti terjun langsung ke lapangan untuk mengamati dan mengumpulkan data yang dibutuhkan. Sumber data dalam penelitian ini sebagai berikut:Sumber data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari subjek penelitian dengan menggunakan alat pengambilan data langsung pada subjek sebagai sumber informasi yang dicari. Adapun data sekunder dalam penelitian ini adalah sumber data tertulis yaitu buku, journal. Wawancara yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara terstruktur. Hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan sebagai berikut: Strategi  penanaman nilai-nilai keteladanan pada kelas inklusi di MA Darun Najah Malang dilaksanakan melalui penanaman nilai-nilai akhlakul karimah pada peserta didik di kelas inklusi (melalui keteladanan, pembiasaan, nasehat, teguran dan hukuman).

KATA KUNCI: strategi, penanaman, keteladanan dan Al-Ghozali.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-31

How to Cite

Masluqi, A. (2024). Strategi Penanaman Nilai-Nilai Keteladanan Perspektif Imam Al-Ghozali untuk Kelas Inklusi di MA Darun Najah. EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Dan Teknologi, 9(2), 87–97. https://doi.org/10.32764/eduscope.v9i2.3815