Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berbasis Model Inside Outside (IOC) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.32764/eduscope.v8i1.3004Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC). Rencana pelaksanaan pembelajaran dapat menjadi acuan bagi seorang guru dalam kegiatan belajar mengajar di kelas agar kegiatan belajar mengajar sesuai ketentuan dan rencana pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran berbasis model Inside Outside Circle (IOC) yang dirasa sangat cocok untuk membantu dalam kegiatan pembelajaran siswa dalam meningkatan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model pengembangan Borg & Gall (1983) yang dimodifikasi menjadi tiga tahap pengembangan yaitu tahap pengumpulan data, tahap perencanaan dan pengembangan produk serta validasi dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang kami ajukan dinyatakan layak dipakai tanpa revisi. Aspek kevalidan rencana pelaksanaan pelaksanaan pembelajaran ditinjau dari penilaian dua orang ahli materi dengan rata rata 4,1 dan respon siswa terhadap model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) dengan tanggapan rata rata 91,25%. Tingkat keefektifan dilihat dari hasil posttest siswa mencapai nilai rata-rata sebesar 81,73 dari yang awalnya rata-rat nilai pretest sebesar 65,21. Artinya, pembelajaran dengan model Inside Outside Circle (IOC) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa MIN 1 Jombang sehingga menghasilkan nilai yang lebih baik.