KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF IMAM AL-GHAZALI BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

Authors

  • Siti Fitriya Ningsih Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • machnunah ani zulfah Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Abstract

Penelitian ini membahas tentang konsep pendidikan karakter menurut Imam Al-Ghazali bagi anak berkebutuhan khusus dalam kitab Ayyuhal Walad. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana konsep pendidikan karakter untuk anak berkebutuhan khusus (2) Bagaimana metode pendidikan karakter anak berkebutuhan khusus, (3) Faktor apa saja yang mempengaruhi pendidikan karakter untuk anak berkebutuhan khusus. Data penelitian ini menggunakan kitab Ayyuhal Walad sebagai rujukan, yang merupakan salah satu karya Imam Al-Ghazali yang membahas tentang pendidikan karakter anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan. Dalam penelitian kepustakaan ini, peneliti menggunakan pendekatan interpretatif dan untuk jenis penelitian kepustakaan ini menggunakan kajian pemikiran tokoh. Menurut Imam Al-Ghazali, pendidikan karakter merupakan suatu pendidikan yang mengajarkan tentang budi pekerti, sifat, moral, disiplin, bertanggung jawab. Selain itu juga ada metode yang harus diterapkan, yaitu metode keteladanan, metode nasehat, metode pembiasaan. Dengan adanya metode yang digunakan oleh pendidik, maka diharapkan supaya anak memiliki akhlak mulia.

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2022-11-17

How to Cite

Fitriya Ningsih, S., & ani zulfah, machnunah. (2022). KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF IMAM AL-GHAZALI BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Dan Teknologi, 8(1), 109–121. Retrieved from https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope/article/view/2797