OBS STUDIO VIDEO MAKER PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SMK ASSALAFIYAH MLANGI

Authors

  • Nanang Khuzaini Universitas Mercu Buana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32764/eduscope.v8i1.2428

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran matematika menggunakan OBS Studio Video maker untum meningkatkan minat belajar siswa SMK yang berkualitas baik dilihat dari kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang megacu pada model pengembangan dari Borg dan Gall. Adapun tahapan model pengembangan borg and gall yaitu : (1) analisis : analisis masalah dan analisis isi media; (2) Pengembangan produk awal : Perancangan design, Implementasi design; (3) Validasi ahli dan revisi produk: Validasi ahli dan revisi ; (4) Ujicoba lapangan : ujicoba lapangan skala kecil dan ujicoba lapangan skala besar; (5) revisi produk dan produk akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video yang dibuat telah memenuhi: (1) Aspek kevalidan, (2) Aspek kepraktisan, dan (3) Aspek keefektifan. Sehingga video yang dibuat menggnakan Software OBS Studio Video Maker ini layak digunakan sebagai video pembelajaran matematika yang dapat menaikkan minat belajar siswa SMK

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2022-08-04

How to Cite

Khuzaini, N. (2022). OBS STUDIO VIDEO MAKER PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SMK ASSALAFIYAH MLANGI. EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Dan Teknologi, 8(1), 23–39. https://doi.org/10.32764/eduscope.v8i1.2428