KETERAMPILAN PROSES SAINS TERINTEGRASI MAHASISWA PADA KEGIATAN PRAKTIKUM ELEKTRONIKA DASAR I

Authors

  • Ino Angga Putra

DOI:

https://doi.org/10.32764/eduscope.v7i2.2407

Abstract

ABSTRACT

The skills of a student are very important to have today in order to be competitive in the world of work. This study aims to determine the science process skills of students in the Basic Electronics practicum I. This type of research is descriptive quantitative research. The sample of this research is 5 students in the Physics Education study program with a sampling technique that is purposive sampling. Methods of data collection using the rubric of science process skills assessment. The research data obtained showed that the students' science process skills were in the skilled category with an average value of 3.2 and a percentage of 79%. There are 4 (four) aspects with very skilled categories, namely a) observing, b) planning experiments, c) communicating, and d) carrying out experimental activities. Student skills need to be improved in aspects, namely a) interpreting, b) asking questions, and c) hypothesizing.

KEYWORDS: Science Process Skills, Integrated, Basic Electronics I Practicum

 

ABSTRAK

Keterampilan seorang mahasiswa sangat penting untuk dimiliki di masa sekarang ini agar memiliki daya saing terhadap dunia kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan proses sains mahasiswa pada praktikum Elektronika Dasar I. Jenis penelitian ini berupa penelitian kuantitatif deskriptif. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Fisika sejumlah 5 mahasiswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan rubric penilaian keterampilan proses sains. Data penelitian yang diperoleh menunjukkan keterampilan proses sains mahasiswa pada kategori terampil dengan nilai rata-rata 3,2 dan persentase sebesar 79%. Ada 4 (empat) aspek dengan kategori sangat terampil yaitu a) melakukan pengamatan, b) merencanakan percobaan, c) berkomunikasi, dan d) melaksanakan kegiatan eksperimen. Keterampilan mahasiswa perlu ditingkatkan pada aspek yaitu a) menginterpretasi, b) mengajukan pertanyaan, dan c) berhipotesis.

KATA KUNCI: Keterampilan Proses Sains, Terintegrasi, Praktikum Elektronika Dasar I

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2024-03-11

How to Cite

Putra, I. A. (2024). KETERAMPILAN PROSES SAINS TERINTEGRASI MAHASISWA PADA KEGIATAN PRAKTIKUM ELEKTRONIKA DASAR I. EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Dan Teknologi, 7(2), 81–96. https://doi.org/10.32764/eduscope.v7i2.2407