PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELJARAN FISIKA DI SMK NEGERI 1 PURWOASRI

Authors

  • Kartika Wulandari Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

DOI:

https://doi.org/10.32764/eduscope.v7i2.2356

Abstract

Pembelajaran fisika pada masa pandemi sangat kurang efektif terhadap tingkat penguasaan konsep peserta didik karena kebiasaan baru yaitu pembelajaran daring. Maka untuk mengetahui penguasaan konsep fisika peserta didik perlu dilakukan penilaian autentik pada ranah sikap,pengetahuan, dan keterampilan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan penilaian autentik di SMK Negeri 1 Purwoasri. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru fisika, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara terstrukur, dokumentasi, angket, dan observasi selama pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru fisika sudah memahami dengan baik tentang penerapan penilaian autentik dan sudah melaksanakan penilaian autentik pada pembelajaran fisika. Proses pengolahan nilai oleh guru langsung diinputkan pada aplikasi e-raport. Kendala yang dialami adalah server yang kurang stabil, perngkat yang digunakan peserta didik, dan keterbatasan kuota internet. Faktor pedukungnya adalah adanya fasiitas dari sekolah berupa aplikasi e-raport online dan aplikasi google classroom.

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2024-03-11

How to Cite

Wulandari, K. (2024). PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELJARAN FISIKA DI SMK NEGERI 1 PURWOASRI. EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Dan Teknologi, 7(2), 41–46. https://doi.org/10.32764/eduscope.v7i2.2356