DESAIN MATERI AJAR BAHASA ARAB BERBASIS TEMA DI MI AL HIKMAH SIDOWAREK NGORO JOMBANG (Keterampilan membaca, menulis dan latihannya)

Authors

  • M. Dzikrul Hakim Al Ghozali Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Didin Sirojudin Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

DOI:

https://doi.org/10.32764/eduscope.v7i2.2259

Abstract

Tulisan ini merupakan hasil penelitian dan pengembangan model bahan ajar bahasa Arab  Madrasah Ibtidaiyah, menyimpulkan bahwa model bahan ajar bahasa Arab yang dibutuhkan siswa dan guru  Madrasah Ibtidaiyah meliputi: terdiri dari empat keterampilan berbahasa yang seimbang, namun dalam pembelajarannya lebih menitikberatkan pada keterampilan produktif (qiro`ah dan kitab) saja. Agar menarik, bahan ajar bahasa Arab harus disertai dengan gambar yang berwarna-warni dan relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa, serta setiap dokumen harus disertai dengan latihan-latihan yang cukup. Perancangan model Bahan ajar bahasa Arab yang  dikembangkan dalam penelitian ini meliputi: (1) analisis kebutuhan, (2) proses penyusunan  model meliputi analisis spesifik, kondisi pembelajaran yang menjadi tujuan dan analisis sumber belajar. , tahap pengembangan pembentukan kegiatan usaha, dan melakukan latihan. Semua elemen ini dibangun oleh peneliti dalam satu unit bahan ajar yang meliputi: isi  dan latihan. Desain model materi pendidikan ini terbatas pada desain yang disusun atas dasar penelitian pendahuluan. Untuk menguji keefektifan keberhasilan materi ini terhadap kemampuan bahasa siswa, diperlukan penelitian lebih lanjut.

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2024-03-11

How to Cite

Al Ghozali, M. D. H., & Sirojudin, D. (2024). DESAIN MATERI AJAR BAHASA ARAB BERBASIS TEMA DI MI AL HIKMAH SIDOWAREK NGORO JOMBANG (Keterampilan membaca, menulis dan latihannya). EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Dan Teknologi, 7(2), 63–73. https://doi.org/10.32764/eduscope.v7i2.2259