MEDIA BERBASIS VIDIO UNTUK MENGETAHUI HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATERI REPLIKASI VIRUS

Authors

  • Ospa Pea Yuanita Meishanti Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang

DOI:

https://doi.org/10.32764/eduscope.v4i2.1118

Abstract

ABSTRACT

This study aims to: 1) determine cognitive learning outcomes by applying video-based media viral replication material in class X MAN 1 Jombang. This research is an experimental, research design used by Pre-Experimental Design with the One-Group Pretest-Posttest Design design model. The subject in this study were all 35 students of grade X MIPA 1. Sampling is done by simple random sampling technique. The variables of this study are the Application of Video-Based Media (independent variable) and Student Cognitive Learning Outcomes (Bound Variable). The instruments and data collection techniques used were tests to observe cognitive learning outcomes. Data collection methods used are tests, while data are analyzed by looking at the average learning outcomes of the pretest and posttest. The results of this study look at the increase in the average of the results of the pretest and posttest shows that the students of the study sample increased by 7,514 with an average pretest of 76.2 to 83,714 on the average posttest. The conclusion of this study is the application of video-based media on virus replication material can improve student cognitive learning outcomes. 

KEYWORDS: Video-Based Media on Virus Replication Material, Cognitive Learning Outcomes, MAN 1 Jombang

 

ABSTRAK

Proses pembelajaran biologi seringkali dirasakan oleh siswa kurang menarik dikarenakan guru kurang kreatif dalam melaksanakan proses pembelajaran sehingga dibutuhkan peran serta guru dalam meningkatkan interaksi dalam pembelajaran, salah satunya menggunakan media berbasis video, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar kognitif dengan menerapkan media berbasis vidio materi replikasi virus pada siswa kelas X MAN 1 Jombang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, desain penelitian yang digunakan Pre-Experimental Design dengan model desain One-Group Pretest Posttest Design. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA 1 sejumlah 35 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar materi replikasi virus. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, sedangkan data dianalisis dengan melihat rata-rata hasil belajar dari pretest dan posttest. Hasil penelitian ini terlihat pada peningkatan rata-rata dari hasil pretest dan posttest menunjukkan bahwa peserta didik mengalami peningkatan dengan rata-rata pretest 76,20 menjadi 83,71 pada rata-rata posttest. Kesimpulan penelitian ini adalah media berbasis vidio pada materi replikasi virus dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa.

KATA KUNCI : media berbasis vidio, materi replikasi virus, hasil belajar kognitif, MAN 1 Jombang

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2021-03-30

How to Cite

Meishanti, O. P. Y. (2021). MEDIA BERBASIS VIDIO UNTUK MENGETAHUI HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATERI REPLIKASI VIRUS. EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Dan Teknologi, 4(2), 21–27. https://doi.org/10.32764/eduscope.v4i2.1118