PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS XI SMK SATRIA BHAKTI NGANJUK
DOI:
https://doi.org/10.32764/eduscope.v4i2.1082Abstract
ABSTRACT
The purpose of this study was to determine the feasibility of a module based on a scientific approach. This type of research is development research with a four-D development model. The sample is class XI SMK Satria Bhakti Nganjuk. The data was collected using a validation test questionnaire and a student response test questionnaire. Based on the results of the research through the validation test, the results of the module product validation were based on the scientific approach with a score of 3.68 or in the very feasible category covering material aspects (3.65), design (3.70), and pedagogy (3.69). The student response test to the scientific approach module shows that this module is in great demand by students because it can motivate students to learn and discuss with friends. Furthermore, this research is expected to take advantage of modules based on a scientific approach in learning and can help students learn independently.
KEYWORDS: developmnet, modules, scientific approach, trigonometry
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan modul berbasis pendekatan sainstifik. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan four-D. Sampelnya adalah kelas XI SMK Satria Bhakti Nganjuk. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket uji validasi dan angket uji respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian melalui uji validasi diperoleh hasil validasi produk modul berbasis pendekatan saintifik dengan skor 3,68 atau pada kategori sangat layak mencakup aspek materi (3,65), desain (3,70), dan pedagogik (3,69). Uji respon siswa terhadap modul pendekatan saintifik menunjukkan bahwa modul ini sangat diminati oleh siswa karena dapat memotivasi siswa dalam belajar dan berdiskusi dengan teman. Lebih lanjut, penelitian ini diharapkan dapat memanfaatkan modul berbasis pendekatan sainstifik didalam pembelajaran serta dapat membantu siswa untuk belajar mandiri.
KATA KUNCI: pengembangan, modul, pendekatan sainstifik, trigonometri