PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS CERITA PENDEK TEMATIK TEMA 5 KELAS 5 UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Authors

  • Agnes Firmansyah

Abstract

ABSTRACT

Students of SDN 2 Ngajum difficult to develop critical thinking, problems is to be by developing the researchers said handouts 5 class 5 to train students that think critically. The purpose of this study is develop handouts based short stories thematic in 5 class, the 5 handouts know feasibility based short stories thematic 5 class, the 5 and he knows the capacity to think critical students. This study 15 research and development( research and development ), with design ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). The development of teaching materials has produced this product in the form of handouts teaching materials based short stories thematic ecosystem grade 5 theme. From the validation , handouts are shown to be valid , with 96 % experts validation of material and the validation media experts 94 % stated perfectly valid , according to the value of the results from pilot project on 1 july on the 2020 to 15 students grade 2 sdn ngajum show 88,1 % stated very reasonable. The results of the analysis by the formula t-test produce 65,5, pretest average score is while average score is 86. postest That this thematic effective research development handout to train students. critical thinking skills.

Key words: Handout, Short Story, Critical Thinking

ABSTRAK

Siswa Sekolah Dasar Negeri 2 Ngajum Malang mayoritas merasa kesulitan dalam menerapkan ketrampilan berpikir kritis, permasalahan tersebut ingin peneliti urai dengan mengembangkan Handout Tema 5 kelas 5 Untuk Melatih Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah Mengembangkan Handout Berbasis Cerita Pendek Tematik Tema 5 kelas 5, mengetahui kelayakan Handout Berbasis Cerita Pendek Tematik Tema 5 kelas 5, dan mengetahui ketrampilan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development), dengan desain ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pengembangan bahan ajar ini telah menghasilkan produk berupa bahan ajar Handout Berbasis Cerita Pendek Tematik Tema 5 Ekosistem kelas V. Dari hasil validasi, Handout ini terbukti valid, dengan rata-rata dari validasi materi 96% dan hasil validasi ahli media 94% menyatakan sangat valid, selaras dengan nilai tersebut hasil uji coba pada tanggal 1 Juli 2020 kepada 15 siswa kelas V SDN 2 Ngajum menunjukkan 88,1% menyatakan sangat layak. Hasil analisis melalui rumus t-test menghasilkan rata-rata nilai pretest adalah 65,5, sedangkan rata-rata nilai postest adalah 86. dengan demikian penelitian pengembangan Handout Tematik ini efektif dalam melatih ketrampilan berfikir kritis siswa.

Kata Kunci: Pengembangan, Handout, Cerita Pendek, Berfikir Kritis

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2021-02-04

How to Cite

Firmansyah, A. (2021). PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS CERITA PENDEK TEMATIK TEMA 5 KELAS 5 UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Dan Teknologi, 6(2), 66–76. Retrieved from https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope/article/view/1080