Persepsi Konsumen dan Pengambilan Keputusan Pembelian Terhadap Produk Sehat Di Asri Organik- Sehat Tambakrejo Jombang

Authors

  • Mis Suhartini Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Kusnul Khotimah Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Rohmat Hidayat

DOI:

https://doi.org/10.32764/agrosaintifika.v2i2.885

Keywords:

Persepsi Konsumen, Produk Sehat, Produk Organik

Abstract

Produk sehat merupakan produk yang bebas dari bahan berbahaya dan mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Salah satu produk sehat adalah produk organik. Produk organik pada saat ini sudah menjadi kebutuhan masyarakat atau gaya hidup masyarakat, karena produk organik lebih aman dan berkualitas untuk dikonsumsi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan karakteristik konsumen, mengetahui proses pengambilan keputusan pembelian konsumen terhadap produk sehat dan mengetahui persepsi konsumen terhadap produk sehat. Penelitian ini dilakukan di Asri Organik Sehat dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Pengambilan sampel menggunakan metode nonprobability sampling. Jumlah responden yang diwawancarai adalah 40 orang. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa karakteristik konsumen  produk sehat digambarkan melalui beberapa sebaran. Umur masuk dalam usia produktif, berjenis kelamin perempuan, rata-rata konsumen telah menempuh pendidikan Sarjana, bekerja sebagai petani atau petani organik, pendapatan konsumen tinggi, dan jumlah tanggungan keluarga rata-rata 5-6 orang. Pembelian produk sehat oleh konsumen melalui lima tahap yaitu tahap pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, proses pembelian, dan pasca pembelian. Hasil analisis skala likert menunjukan persepsi konsumen terhadap produk sehat adalah baik/positif.

Downloads

Published

2020-09-22

Issue

Section

Articles