Pembelajaran Edukatif Berbasis aktivitas seni dalam mengasah motorik halus dan kreativitas anak usia dini di Taman Posyandu Pare

Authors

  • Amirotun Nasikha Universitas Hasyim Asy'ari
  • Fasichul Azam Fanani
  • Ilma Nafi'ah
  • Lukamul Hakim
  • Raja fadi aufa  atallah
  • Laily Masruroh

DOI:

https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v6i2.5929

Keywords:

Pembelajara Edukatif, Motorik Halus, Usia Dini

Abstract

Pada dasarnya di Indonesia terdapat pendidikan tinggi yang berlandaskan pada tiga pilar utama yang disebut Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pendidikan, riset, dan pengabdian kepada masyarakat. Salah satu bentuk konkret dari pengabdian ini yang wajib diikuti oleh mahasiswa adalah program Kuliah Di Luar Kampus (KDLK) atau yang umum disebut KKN (Kuliah Kerja Nyata). Media Pembelajaran Edukatif Berbasis aktivitas seni merupakan salah satu bentuk media yang dirancang untuk menyampaikan pembelajaran serta menambah wawasan pengguna melalui cara yang menarik dan menyenangkan, Di Satuan Paud Sejenis Taman Posyandu Plongko masih banyak anak-anak yang mengalami kesulitan dalam mewarnai, menempel, dan men cap (Finger Painting). Untuk itu peneliti tertarik untuk meneliti lebih lanjut tentang media edukatif berbasis aktivitas seni ini dan penerapannya sekaligus efek dari media tersebut bagi anak usia dini. Karena model edukatif berbasis aktivitas seni ini sangat sering digunakan dan berpengaruh dalam proses pembelajaran anak usia dini dalam mengasah motorik halus dan kreativitas anak usia dini. Dengan cara ini, peneliti dapat menggali informasi secara lebih mendalam, kaya, dan mampu memahami makna yang tersembunyi di balik perilaku yang diamati. Adapun teknik wawancara yang diterapkan adalah jenis wawancara semi-terstruktur. Penelitian dilakukan di Satuan Paud Sejenis Taman Posyandu Plongko. Setelah menggunakan game edukatif ini peserta didik mampu berpartisipasi secara aktif dalam proses pembelajaran serta menciptakan suasana belajar yang menyenangkan serta mereka cenderung menikmati proses belajar melalui aktivitas bermain.

Downloads

Published

2025-08-06

How to Cite

Nasikha, A. ., Fanani, F. A. ., Nafi’ah, I. ., Hakim, L. ., atallah,R.fadiaufa , & Masruroh, L. . (2025). Pembelajaran Edukatif Berbasis aktivitas seni dalam mengasah motorik halus dan kreativitas anak usia dini di Taman Posyandu Pare. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 237–244. https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v6i2.5929

Issue

Section

Articles