Mengasuh Anak Tanpa Kehilangan Diri Sendiri: Solusi Untuk Burnout Pengasuhan
DOI:
https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v6i2.5890Keywords:
parental burnout, peaceful parenting, strategi coping, regulasi diriAbstract
Kegiatan parenting dengan tema “Mengasuh Anak Tanpa Kehilangan Diri Sendiri: Solusi untuk Burnout Pengasuhan” telah dilaksanakan di TK Al Jannah Gunungpati, pada hari Sabtu, 26 April 2025. Kegiatan ini merupakan bagian dari program pengabdian masyarakat yang ditujukan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran para orang tua mengenai fenomena parental burnout, yaitu kondisi kelelahan fisik dan mental yang terjadi akibat tekanan pengasuhan yang berkepanjangan. Dalam kehidupan sehari-hari, banyak orang tua terlalu fokus pada pemenuhan kebutuhan anak hingga mengabaikan kebutuhan diri sendiri. Hal ini dapat berdampak pada kesehatan mental orang tua dan kualitas hubungan dengan anak. Metode yang gunakan adalah metode Participatory Action Research (PAR) atau penelitian tindakan partisipatif dalam kegiatan parenting yang dilakukan secara langsung sebagai bagian dari program pengabdian di TK Al Jannah dengan sasaran wali murid TK Al Jannah yang bersedia datang dan menjadi peserta saat kegiatan berlangsung. Hasil dari kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman peserta mengenai pentingnya menjaga kesehatan mental dalam menjalani peran sebagai orang tua. Para peserta menyatakan mendapatkan wawasan baru yang berguna untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam mengelola stres dan kelelahan pengasuhan. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para orang tua mampu menerapkan pola asuh yang lebih bijaksana, sehat secara emosional, dan berorientasi pada kesejahteraan bersama, baik untuk anak maupun diri sendiri.
Kata kunci: parental burnout, peaceful parenting, strategi coping, regulasi diri.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Selfi Fitriyani; Nurmutammimah Maesaroh; Pitri Yuliyani, Putri Rizqi Amalia, Khaerotun Nisa, Naili Rohmah; Sugiana Sugiana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




