Upaya Mengenalkan Linguistik Korpus untuk Merancang Pembelajaran Bahasa Inggris yang Berdiferensiasi

Authors

  • Rika Mutiara Esa Unggul University

DOI:

https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v6i1.4031

Keywords:

Linguistik korpus, Baris konkordansi, Diskursus, Materi ajar

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengenalkan cara menggunakan data yang ada di korpus untuk merancang pembelajaran bahasa Inggris. Peserta kegiatan ini adalah guru bahasa Inggris di Sekolah Menengah Atas di wilayah Jakarta Timur. Penggunaan korpus merupakan bagian dari pemanfaatan teknologi dalam pendidikan. Dalam sesi awal, berbagai fitur dalam korpus dieksplorasi. Korpus yang digunakan adalah Corpus of Contemporary American English dan British National Corpus. Dalam sesi selanjutnya, fitur yang menjadi fokus adalah baris konkordansi. Peserta kegiatan berpartisipasi aktif dalam mengamati data di korpus dan diskusi. Peserta juga belajar bagaimana temuan pola diskursus di baris konkordasi korpus dapat digunakan sebagai materi ajar bahasa Inggris. Pengembangan materi ajar yang seperti ini juga membuat peserta menjadi lebih mudah untuk membuat materi ajar yang berdiferensiasi karena beragamnya data yang ada di korpus. Pengeksplorasian data di korpus membentuk peserta menjadi guru yang tidak bergantung pada buku teks yang sudah tersedia melainkan memanfaatkan sumber data yang dibangun berdasarkan penggunaan bahasa dalam kehidupan sehari-hari.

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Mutiara, R. (2025). Upaya Mengenalkan Linguistik Korpus untuk Merancang Pembelajaran Bahasa Inggris yang Berdiferensiasi. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 197–200. https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v6i1.4031

Issue

Section

Articles