Meningkatkan Kekreatifan dan Membangkitkan Minat Belajar Peserta Didik dengan Lomba Cerdas Cermat di Desa Sidomulyo

Authors

  • Amrini Shofiyani Universitas K.H. A. Wahab Hasbullah
  • Aufia Aisa Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Khoirun Nisa' Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan
  • Muhammad Ahlis Irbabul Lubab Universitas K.H. A. Wahab Hasbullah
  • Khusnul Khotimah Universitas K.H. A. Wahab Hasbullah
  • Yuli Nutiatin Hajiroh Universitas K.H. A. Wahab Hasbullah

DOI:

https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v4i1.3155

Keywords:

Meningkatkan Kekreatifan, Membangkitkan Minat Belajar, Peserta Didik, Lomba Cerdas Cermat

Abstract

Setiap peserta didik dalam melakukan proses pembelajaran memiliki kecerdasan yang berbeda–beda, kecerdasan merupakan sebuah kemampuan atau  keterampilan untuk memecahkan masalah yang dihadapi dan menghasilkan sebuah solusi yang dibutuhkan agar dapat membawa kemajuan hidup seseorang dilingkungannya. Salah satu hal yang pasti bahwa kecerdasan itu dapat dikembangkan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan kegiatan cerdas cermat yang bertujuan bukan saja untuk mengembangkan wawasan dan pengetahuan tetapi juga untuk meningkatkan kecerdasan intelektual, sosial, atau pun spiritual. MI KH Sundusin dan SDN Sidomulyo 01 yang menjadi mitra dari kegiatan ini adalah lembaga pendidikan formal yang terletak di desa Sidomulyo. Salah satu desa yang masih berada di kecamatan Megaluh, desa sidomulyo merupakan desa yang masih teguh melestarikan budaya dan tradisi, termasuk spiritual keagamaannya yang masih kental. Tujuan diadakannya kegiatan ini agar anak-anak pelajar sekolah dasar dan Madrasah Ibtidaiyah dapat meningkatkan kekreatifan dalam belajar dan memiliki minat belajar yang tinggi serta memiliki kecerdasan yang memadai sesuai dengan  tuntutan dunia pendidikan saat ini. Metode pendekatan untuk pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat di bidang Pendidikan ini meliputi metode sosialisasi, diskusi, dan pengarahan pada peserta didik. Hasil respon peserta didik dari kegiatan lomba cerdas cermat ini menunjukkan bahwa kegiatan ini sangat efektif dan menyenangkan. Hasil penilaian kepahaman dan keefektifan kekreatifan menunjukkan bahwa 70% peserta didik dapat lebih bersemangat dalam mempelajari kisi-kisi soal agama dengan mudah. Sebanyak 30% peserta didik dalam kategori pemahaman yang cukup baik dimana dipengaruhi oleh tingkat kemampuan setiap peserta didik berbeda.

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Shofiyani, A. ., Aisa, A., Nisa’, K. ., Lubab, M. A. I. ., Khotimah, K. ., & Hajiroh, Y. N. . (2023). Meningkatkan Kekreatifan dan Membangkitkan Minat Belajar Peserta Didik dengan Lomba Cerdas Cermat di Desa Sidomulyo. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 15–19. https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v4i1.3155

Issue

Section

Articles