Penerapan Media Pembelajaran Aplikasi ID (Inggris – Diniyah) Sebagai Upaya Peningkatan Minat Belajar Siswa SD Negeri Rejosopinggir
DOI:
https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v2i3.2132Keywords:
interest in learning, learning media, applicationsAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada tingkat sekolah dasar melalui pemanfaatan aplikasi yang dibuat sebagai teknologi tepat guna. Mitra dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah Sekolah Dasar (SD) Negeri Rejosopinggir yang merupakan salah satu sekolah di Dusun Jatimenok Desa Rejosopinggir Kecamatan Tembelang Kabupaten Jombang. Kendala yang dihadapi mitra diantaranya adalah kurangnya tenaga pendidik sehingga masih ada pelajaran dasar yang belum diajarkan seperti pelajaran bahasa inggris, dan proses belajar masih belum banyak memanfaatkan teknologi sebagai media dalam belajar karena kurangnya pemahaman guru dalam memanfaatkan teknologi.
Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk pengenalan teknologi tepat guna yang dibuat dengan melibatkan Guru dan Siswa SD. Media pembelajaran yang dibuat dalam bentuk aplikasi ID (Inggris - Diniyah) diharapkan meningkatkan minat belajar siswa karena dalam aplikasi ID tersebut sudah didesain beberapa tampilan yang menjelaskan materi dilengkapi dengan gambar dan audio, sehingga siswa lebih senang untuk belajar dan memahami materi pelajaran.
Simpulan hasil pengabdian masyarakat yakni penerapan media pembelajaran aplikasi ID (Inggris – Diniyah) berbasis android; pertama, memberikan tambahan wawasan dan pengetahuan mengenai belajar dengan mudah, menarik, dan menyenangkan. Kedua, menumbuhkan minat belajar siswa SD Negeri Rejosopinggir pada pelajaran Bahasa Inggris dan Keagamaan. Ketiga, membantu guru dalam menjelaskan materi dengan media yang lebih menarik
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Khotim Fadhli, Nadyatus Nur Sholicha, Sahroni Sahroni, Uswatun Chasanah, Septian Ragil Anandita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.