Pelatihan dan Pendampingan Media Pembelajaran Agama Islam Melalui Permainan Ludo Edukasi di SMPN 2 Perak Jombang

Authors

  • Khoirun Nisa’ Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Zakiyaturrosyidah Zakiyaturrosyidah Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Canggih Nailil Maghfiroh Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Abstract

Kegiatan pengabdian pada masyarakat yang dilaksanakan di SMPN 2 Perak Jombang memiliki tujuan: (1) Mengembangkan media pembelajaran permainan ludo edukasi pada materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Perak Jombang. (2) menganalisis minat siswa dalam media pembelajaran permainan ludo edukasi pada materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Perak Jombang (3) menganalisis kurangnya segi pengajaran dan pemahaman siswa dalam media pembelajaran permainan ludo edukasi pada materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Perak Jombang. Metode pendekatan untuk pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini meliputi metode ceramah,diskusi. Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah menggunakan metode sosialisasi, pelatihan, dan media belajar. Hasil kegiatan pengabdian pada masyarakat, dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut. (1) Pelatihan dan pendampingan media belajar permainan ludo edukasi berjalan dengan baik dan lancar. Di SMPN 2 Perak Jombang (2) Menumbuhkan semangat pada peserta didik hal ini terbukti dengan adanya respon dari peserta yaitu guru dan siswa terhadap pelaksanaan pelatihan dan pendampingan termasuk dalam kategori baik (3). Meningkatkan kemampuan para guru dalam penggunaan penguasaan variasi media pembelajaran. (4) Adanya keterbatasan penggunaan media belajar karena masih bersumber pada bahan buku ajar

Downloads

Published

2021-04-29

How to Cite

Nisa’, K., Zakiyaturrosyidah, Z., & Maghfiroh, C. N. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Media Pembelajaran Agama Islam Melalui Permainan Ludo Edukasi di SMPN 2 Perak Jombang. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 49–57. Retrieved from https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimaspen/article/view/1164

Issue

Section

Articles