Program Penguatan Pembelajaran Bagi Santri di Madrasah Aliyah Al-I'dadiyyah melalui Bimbingan Belajar Intensif
DOI:
https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v2i1.1162Keywords:
Strengthening Learning, Tutoring, Mathematics, Discovery LearningAbstract
Pembelajaran matematika sesuai dengan Kurikulum 2013 menuntut agar pembelajaran menjadi lebih aktif dan mengarah pada student center learning (SCL) melalui model Discovery Learning. Tujuan dari kegiatan ini antara lain: a) meningkatkan cara berfikir siswa tentang matematika dan b) membangkitkan semangat siswa agar menyukai pelajaran matematika ini. Mitra pengabdian adalah para santri di Madrasah Aliyah Al-I’dadiyyah Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 21-27 Oktober 2020. Pelaksanaan kegiatan ini dibantu oleh 2 orang mahasiswa untuk mengkoordinir peserta pada kegiatan sosialisasi. Hasil kegiatan dari penguatan pembelajaran melalui bimbingan belajar intensif diperoleh bahwa 90% peserta menyatakan kegiatan ini memberikan manfaat yang sangat baik untuk mendukung proses belajar pada materi matematika di Madrasah Aliyah Al-I’dadiyyah. Hasil observasi kepuasan bahwa kegiatan ini memberikan manfaat yang lebih serta menambah wawasan siswa (santri) dalam proses pembelajaran. Selain itu, hasil observasi menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan siswa dalam memahami materi pembelajaran pada kategori baik dengan skor 3,5. Kemampuan siswa dalam mengerjakan soal latihan juga menunjukkan pada kategori yang baik dengan skor 3,5. Hal yang perlu dilakukan adalah agar keterampilan guru dalam mengelola kelas melalui pembelajaran yang kreatif dan inovatif dengan memvariasi metode pembelajaran dengan tema atau basis yang berbeda dengan menyesuaikan kurikulum yang berlaku.