Menjaga Generasi Bangsa untuk Cerdas Berteknologi dan Bermedia Sosial

Authors

  • Mohamad Nasirudin Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Mazidatul Faizah Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Aji Setyo Hartono Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Yudithia Adi Wicansa Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

DOI:

https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v2i1.1161

Keywords:

Smart with Technology, Generation of Nation

Abstract

Penggunaan gadget (smartphone) yang terlalu berlebihan dan tidak sewajarnya akan menimbulkan pengaruh terhadap kepribadian dan karakter peserta didik. Kepribadian peserta didik seharusnya menjadi perhatian khusus dalam menanamkan karakter kepada mereka. Metode pendekatan untuk pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat pada skema PPM ini meliputi metode ceramah, diskusi, dan workshop (pelatihan). Metode ceramah dan diskusi dilaksanakan pada kegiatan sosialisasi pembelajaran online dan pengenalan media belajar online. Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah menggunakan metode workshop melalui bentuk sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan secara intensif sampai dapat merancang media belajar sains berbasis ramah lingkungan untuk peserta didik SD/MI. Hasil dari kuesioner menunjukkan bahwa Orangtua dalam menggunakan smartphone masih dalam taraf pembelajaran. Hasil respon kepuasan kegiatan pelatihan menunjukkan bahwa peserta pelatihan menilai kegiatan pelatihan ini sangat bermanfaat dan menyenangkan. Hasil penilaian keterampilan orangtua menunjukkan bahwa 70% peserta pelatihan memiliki keterampilan yang baik ketika merancang dan menyusun media belajar sains berbasis ramah lingkungan. Sebanyak 30% peserta pelatihan dalam kategori dengan keterampilan yang cukup baik dimana dipengaruhi oleh usia orangtua sekitar 40-50 tahun.

Downloads

Published

2021-04-29

How to Cite

Nasirudin, M., Faizah, M., Hartono, A. S., & Wicansa, Y. A. (2021). Menjaga Generasi Bangsa untuk Cerdas Berteknologi dan Bermedia Sosial. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 32–35. https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v2i1.1161

Issue

Section

Articles