Peningkatan Motivasi Belajar melalui Game Edukatif di Era New Normal
DOI:
https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v2i1.1158Keywords:
PGPR, POCAbstract
Kesulitan pendampingan belajar oleh orangtua juga ditemui pada mata pelajaran tertentu yang dirasa sulit seperti matematika, dan bahasa Inggris. Sehingga apabila materi yang sulit dan disampaikan dengan media yang susah dipahami membuat siswa Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah di Desa Gondangmanis kurang antusias ketika belajar online. Hal ini dapat disebabkan oleh kurangnya rasa ketertarikan dan kurangnya perhatian siswa untuk mengikuti pembelajaran yang sedang berlangsung. Selain itu materi yang disampaikan tidak dapat diserap dengan baik karena media yang digunakan oleh guru kurang menarik atau bersifat monoton. Ketika hal ini terjadi pada tahap pembelajaran dasar siswa akan mengalami kesulitan mengikuti materi-materi pembelajaran selanjutnya. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan dengan pemanfaatan game edukasi untuk proses belajar online yang menyenangkan dan memiliki tujuan meningkatkan kemampuan dan pemahaman siswa dengan mudah dan menyenangkan melalui game edukasi “Happily Learnâ€, membantu proses pendampingan belajar melalui pemanfaatan media belajar game edukasi “Happily Learnâ€. Hasil dari kegiatan ini bermanfaat memberikan tambahan wawasan dan pengetahuan mengenai belajar mudah dan menyenangkan, menumbuhkan semangat motivasi belajar siswa SD dan MI di Desa Gondangmanis, membantu guru untuk memberikan media yang disukai siswa, dapat digunakan dengan mudah, menyenangkan dan dapat mudah untuk memahami materi yang diberikan.