Pelatihan Berbahasa Arab Melalui Keterampilan Berbicara (Maharah al-kalam) Metode Muhadatsah menggunakan Pocket Book

Authors

  • Ospa Pea Yuanita Meishanti Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Rina Dian Rahmawati Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Nafingah Nafingah Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

DOI:

https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v1i1.1037

Keywords:

pelatihan berbahasa arab, Maharah al-kalam, metode Muhadatsah, buku saku

Abstract

Anak-anak di SDN Kayen 1 dalam pembelajarannya yang mengacu pada kurikulum 2013 belum ada pelajaran bahasa Arab, akan tetapi disana ada pembelajaran Diniyah yang mencakup bahasa Arab didalamnya. Dengan adanya kurikulum 2013, yang memiliki kebijakan baru dari bapak menteri Kemendikbud tentang pembelajaran dari rumah dikarenakan adanya pandemi virus Covid-19 yang menyebar diseluruh dunia, hingga saat ini memaksa para pendidik harus patuh terhadap kebijakan pemerintah. Sehingga dalam pengabdian ini dengan mempelajari bahasa Arab Melalui Keterampilan Berbicara (Maharah al-kalam) Metode Muhadatsah dengan Menggunakan Pocket Book metode yang digunakan pada pembelajaran bahasa Arab ini adalah observasi, wawancara, sosialisasi dan pelatihan dengan pendekatan humanistic dan pendekatan berbasis media yaitu berupa pocket book (buku saku). Pelaksanaan pengabdian ini bulan Oktober-November 2020 dengan hasil pengabdian yaitu adanya peningkatan dalam pembelajaran bahasa Arab melalui Keterampilan Berbicara (Maharah al-kalam) Metode Muhadatsah dengan Menggunakan Pocket Book dilihat dari hasil nilai pretest dan postest.

Downloads

Published

2020-12-20

How to Cite

Meishanti, O. P. Y., Rahmawati, R. D., & Nafingah, N. (2020). Pelatihan Berbahasa Arab Melalui Keterampilan Berbicara (Maharah al-kalam) Metode Muhadatsah menggunakan Pocket Book. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 16–23. https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v1i1.1037

Issue

Section

Articles