Peran Branding dan Digital Marketing dalam Pengembangan UMKM Catering Mekar Wangi

Authors

  • Irma Ika Wahyuni Universitas Maarif Hasyim Latif
  • Bagaskara Prisma Artha Wijaya Universitas Maarif Hasyim Latif
  • Septian Dwi Rahardika Universitas Maarif Hasyim Latif
  • Mochammad Febi Lesmana Universitas Maarif Hasyim Latif
  • Ardian Dwi Cahyo Universitas Maarif Hasyim Latif
  • Abdul Malik Universitas Maarif Hasyim Latif
  • M Andryansyah Universitas Maarif Hasyim Latif
  • Salsabila Universitas Maarif Hasyim Latif
  • Anggi Septiandini Universitas Maarif Hasyim Latif
  • Aprilia Aly Damayanti Universitas Maarif Hasyim Latif
  • Ika Widya Ardhyani Universitas Maarif Hasyim Latif

Keywords:

Pengabdian, UMKM, Branding, Digital Marketing

Abstract

Berdasarkan berbagai permasalahan yang mempengaruhi mitra UMKM, dibutuhkan pelatihan, baik formal maupun informal dalam strategi pemasaran digital/ online dan bagaimana merek produk untuk mitra di pasar yang lebih besar. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam pengabdian ini untuk memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi oleh mitra UMKM antara lain pendampingan pemilihan kemasan, pendampingan dan edukasi pentingnya kehigienisan dan sanitasi produk, sosialisasi tentang pentingnya branding pada produk seperti logo dan nama produk, serta dilakukan pendampingan strategi pemasaran digital melalui sosial media. Berdasarkan hasil pengabdian yang meliputi branding dalam pembuatan logo dan banner untuk UMKM Catering Mekar Wangi, sosialisasi dan pendampingan terkait perubahan kemasan, serta pembuatan akun sosial media sebagai media pemasaran online, dapat disimpulkan bahwa program pengabdian dalam edukasi dan pendampingan branding dan digital marketing pada produk Catering Mekar Wangi telah berjalan dengan baik karena mitra UMKM dapat memperoleh pengetahuan dan ketrampilan baru untuk dapat diterapkan pada usahanya dengan tujuan Catering Mekar Wangi semakin maju dan semakin luas jaringan pemasarannya untuk kedepannya serta memberikan peningkatan pada omset penjualan produknya.

Downloads

Published

2022-12-26

How to Cite

Irma Ika Wahyuni, Bagaskara Prisma Artha Wijaya, Septian Dwi Rahardika, Mochammad Febi Lesmana, Ardian Dwi Cahyo, Abdul Malik, M Andryansyah, Salsabila, Anggi Septiandini, Aprilia Aly Damayanti, & Ardhyani, I. W. . (2022). Peran Branding dan Digital Marketing dalam Pengembangan UMKM Catering Mekar Wangi. Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 116–120. Retrieved from https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_if/article/view/3290

Issue

Section

Articles