Pendampingan Sekolah Online Siswa SD pada Masa Pandemi Covid 19 sebagai Solusi Mengatasi Pendidikan di Pedesaan
DOI:
https://doi.org/10.32764/abdimas_if.v3i2.2914Abstract
Masalah sosial merupakan masalah yang mengakar kuat di setiap negara, termasuk Indonesia. Masalah ini merambah ke segala bidang, salah satunya pendidikan. Ditambah lagi situasi pandemi COVID-19 juga memunculkan banyak permasalahan baru dalam dunia pendidikan. Pembelajaran yang diterapkan di masa pandemi ini membuat transformasi pembelajaran baru dari yang semula offline menjadi online. 80% orang tua SDN Kajuara I, II dan III menyatakan bahwa anaknya kesulitan memahami materi saat belajar online. Bantuan Sekolah Online melalui SIPUNG merupakan solusi konkrit untuk meningkatkan kualitas dan pemahaman belajar siswa selama pembelajaran online. Dengan menggunakan metode service learning terbukti mampu meningkatkan kualitas dan pemahaman siswa, siswa memahami pentingnya belajar dan orang tua semakin sadar akan pentingnya memberikan pendampingan yang terbaik demi tercapainya keberhasilan pendidikan anak.