Pelatihan Segmentasi Pemasaran Digital Pasca Pandemi Covid-19 di Tjendana Food Point

Authors

  • Yunika Komalasari Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Srie Wijaya Kesuma Dewi Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • R Dewi Sulastriningsih Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Ricky Firmansyah Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Phitsa Mauliana Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Nanang Hunaifi Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Wildan Wiguna Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

DOI:

https://doi.org/10.32764/abdimas_if.v3i2.2868

Keywords:

covid-19, digital, kuliner, pemasaran, segmentasi

Abstract

Pandemik Covid-19 meninggalkan pengaruh yang begitu besar untuk berbagai pelaku bisnis, khususnya untuk pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang menekuni bidang kuliner berupa makanan maupun minuman. Melihat perkembangan platform digital dan pandemi Covid-19 yang mulai mereda, pemasarn secara langsung maupun melalui platform online tetap memerlukan strategi pemasaran. Berbagai strategi marketing seperti segmentasi pasar menjadi proses marketing yang ditempuh untuk dapat menarik daya beli konsumen. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan dalam pengabdian berupa pelatihan analisa dan segmentasi pasar usaha kuliner di era digital pasca pandemi Covid-19 ini yang bertujuan untuk menjabarkan keterkaitan antara sikap, kegiatan, dan proses yang saat ini sedang berlangsung. Berdasarkan karakteristik segmen konsumen yang di teliti, terlihat bahwa jenis kelamin perempuan memiliki prosentasi yang tinggi sebanyak 46,67% dibandingkan laki-laki. Selain itu, rentang usia sekolah sebesar 40%  menjadi konsumen yang paling banyak. Hal ini dapat menjadi acuan untuk memilih produk unggulan yang tepat bagi pasar tersebut.

Downloads

Published

2022-08-18

How to Cite

Komalasari, Y., Dewi, S. W. K., Sulastriningsih, R. D., Firmansyah, R., Mauliana, P., Hunaifi, N., & Wiguna, W. (2022). Pelatihan Segmentasi Pemasaran Digital Pasca Pandemi Covid-19 di Tjendana Food Point. Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 66–71. https://doi.org/10.32764/abdimas_if.v3i2.2868

Issue

Section

Articles