Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran “Funglish†pada Siswa SMP di Desa Mojokrapak Jombang
DOI:
https://doi.org/10.32764/abdimas_if.v2i3.2177Keywords:
Funglish, Media pembelajaran, Belajar Bahasa InggrisAbstract
Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan mengenai penggunaan media pembelajaran “Funglish†(Fun Learning English) berbasis aplikasi android pada mata pelajaran Bahasa Inggris bagi siswa SMP kelas VII semester I yang berjumlah 27 siswa di Desa Mojokrapak Kecamatan Tembelang Kabupaten Jombang. Agar anak-anak di Desa Mojokrapak semakin bersemangat dalam mempelajari Bahasa Inggris tertama pada materi Speaking dan Listening. Adapun di dalam pelatihan penggunaan media pembelajaran “Funglish†Fun Learning English, kami menggunakan metode Community Based Research (CBR), dimana metode ini merupakan sistematis pendidikan dan instruksional proses desain yang didalamnya memiliki proses kegiatan analisis, desain, evaluasi, dan revisi sehingga mendapatkan hasil yang memuaskan yang diaplikasikan menjadi suatu tindakan nyata berupa pengabdian kepada masyarakat. Pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dilaksanakan pada tanggal 3 sampai dengan 5 nopember 2021. Berdasarkan dari hasil pelatihan mengenai penggunaan media pembelajaran “Funglishâ€, maka dapat disimpulkan bahwa Metode aplikasi “Funglish’ dapat membantu mendorong minat dan bakat siswa-siswi dalam proses belajar mengajar, terutama dalam pembelajaran bahasa inggris, memberikan pemahaman akan pentingnya media pembelajaran pendukung, agar proses belajar mengajar lebih bervariasi dan tidak monoton, dan juga memberikan pemahaman kepada siswa dan siswi jika belajar tidak hanya dengan buku, tetapi banyak teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk menciptakan media pembelajaran yang baru dan menarik.