Aplikasi Anak Pintar Pembelajaran untuk Siswa-Siswi di TK Siswo Utomo Desa Kepuhdoko Tembelang Jombang

Authors

  • Mohammad Saat Ibnu Waqfin Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Achmad Chomaidi Alwi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Diki Cahyo Ramadhan Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Izzatul Mumtaza Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Rahmad Hidayatulloh Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Mahcnunah Ani Zulfah Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

DOI:

https://doi.org/10.32764/abdimas_if.v3i1.2175

Keywords:

Aplikasi Anak Pintar; Media Pembelajaran;

Abstract

Pengembangan media pembelajaran adalah serangkaian proses atau kegiatan yang dilakukan untuk menghasilkan suatu media pembelajaran berdasarkan teori pengembangan yang telah ada. Media yang dimaksud adalah media pembelajaran sehingga teori pengembangan yang digunakan adalah teori pengembangan pembelajaran. Selain media, dalam suatu proses belajar mengajar guru juga di tuntut untuk menggunakan RPP yang merupakan suatu acuan rencana kegiatan yang akan dilakukan selama pembelajaran berlangsung. Alat penilaian juga perlu untuk melihat sejauh mana pencapaian tujuan oleh siswa. Dengan demikian, pengembangan media pembelajaran juga dilengkapi dengan  RPP dan tes hasil belajar sebagai syarat dalam suatu proses pembelajaran.               

Guru-guru di TK Siswo Utomo Desa Kepuhdoko mengalami banyak kendala/hambatan dalam menerapkan pembelajaran yang sesuai dan menarik. Yang tentunya dapat lebih mudah memberikan pemahaman terhadap siswa-siswi di lembaga tersebut. Dengan demikian agar pembelajaran menjadi lebih aktif dan mengarah pada student center learning (SCL).

Pengembangan aplikasi pembelajaran berbasis android yang ditujukan untuk  TK  (Taman kanak-kanak) Siswo Utomo Desa Kepuhdoko Kecamatan Tembelang Kabupaten Jombang. Lembaga pendidikan ini dipilih karena di TK (Taman kanak-kanak)  Siswo Utomo ini tempat di mana penulis mengajar dan mengabdikan diri kepada Desa Kepuhdoko. Fasilitas sarana dan prasarana dilembaga ini masih belum digunakan secara optimal untuk mendukung mengenai media pembelajaran.

Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan yaitu TK (Taman kanak-kanak) Siswo Utomo Desa Kepuhdoko Kecamatan Tembelang  Kabupaten Jombang menunjukkan bahwa kondisi fasilitas sarana dan prasarananya ternyata masih jauh dari harapan. Beberapa hal yang dijumpai di lapangan antara lain: (1) fasilitas media belajar yang ada masih sangat minim penggunaannya, (2) keterampilan guru dalam mendesain pembelajaran menggunakan metode belajar masih belum efektif.

Downloads

Published

2022-04-27

How to Cite

Waqfin, M. S. I., Alwi, A. C., Ramadhan, D. C., Mumtaza, I., Hidayatulloh, R., & Zulfah, M. A. (2022). Aplikasi Anak Pintar Pembelajaran untuk Siswa-Siswi di TK Siswo Utomo Desa Kepuhdoko Tembelang Jombang. Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 18–20. https://doi.org/10.32764/abdimas_if.v3i1.2175

Issue

Section

Articles