Peningkatan Keterampilan dalam Bidang Kewirausahaan dengan Pelatihan Corel Draw

  • Mohamad Nasirudin Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Mazidatul Faizah Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Nur Sa’adah Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Abstract

Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah menggunakan metode workshop melalui penyampaian materi dasar, pelatihan, praktik dasar, praktik pembuatan media grafis dan pendampingan secara intensif sampai dapat mengoprasikan desain grafis corel draw. Berdasarkan proses kegiatan pengabdian masyarakat skema PPM yang telah dilaksanakan. Luaran yang dapat dicapai antara lain pemahaman santri terkait industry kreatif, pemahaman santri terkait pelatihan kewirausahaan dengan pelatihan corel draw, terciptanya akun IG pondok pesantren dan youtube pondok pesantren, sedikit dapat mengaplikasikan desain grafis corel draw. Adapun simpulan berdasarkan hasil kegiatan pengabdian pada masyarakat pada skema PPM, dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut. Memberikan tambahan wawasan dan pengetahuan serta keterampilan santri Pondok Pesantren Putri Mahasiswai Al Fatich Bahrul Ulum Tambakberas Jombang terkait pelaksanaan peningkatan keterampilan dalam bidang kewirausahaan (industry kreatif) dengan pelatihan corel draw dimana lebih mengedepankan keterampilan santri guna memanfaatkan tegnologi yang dapat diaksesnya. Menumbuhkan semangat baru santri Pondok Pesantren Putri Mahasiswai Al Fatich Bahrul Ulum Tambakberas Jombang dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dimana ada peningkatan keterampilan menggunakan desain grafis corel draw. Membantu menciptakan peluang bagi santri dan Lembaga pondok pesantren untuk menciptakan ekonomi kreatif (cetak digital, pengolahan gambar digital, dan desain grafis).

Published
2021-04-30
How to Cite
Nasirudin, M., Faizah, M., & Sa’adah, N. (2021). Peningkatan Keterampilan dalam Bidang Kewirausahaan dengan Pelatihan Corel Draw. Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 10-15. Retrieved from https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_if/article/view/1168
Section
Articles