Pelatihan Editing Video (Videografi) Menggunakan Aplikasi Smartphone (Kinemaster) bagi Santri PP. Al Lathifiyyah 1

  • Kholis Firmansyah Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • M. Musthofa Kamal Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
Keywords: Editing; Video; Film; Santri; Media.

Abstract

Video dan film digolongkan salah satu bagian media massa untuk menyampaikan pesan kepada khalayak  ramai.  Salah  satu  bagian  penting  dalam  pembuatan  film  adalah  editing.  Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan melatih editing film dan video sebagai sarana dakwah dimedia social bagi santri PPP.Al-Lathifiyyah 1 Bahrul Ulum Tambakberas Jombang.  Berdasarkan  analisis  kondisi  yang  terdapat  di  PPP.Al-Lathifiyyah 1 Bahrul Ulum Tambakberas Jombang dapat  teridentifikasi  permasalahan  yang ada sebelumnya adalah tidak ada pembelajaran editing video dipondok ataupun di sekolah bagi santri.  Target  khusus  yang  diharapkan  dari  pelatihan  ini  adalah meningkatkan  kreativitas  membuat  konten  video  yang  dapat  menarik  minat dalam mendalami ilmu agama bagi  santri dan masyarakat.  Kegiatan  yang  dilakukan  meliputi  memberikan  pelatihan  editing  film  dan  video.  Kegiatan dilakukan  selama  tiga  minggu  mulai  dari  survei,  wawancara,  kegiatan,  evaluasi,   hingga pelaporan   akhir.   Hasil   kegiatan   ini   menunjukkan santri PPP.Al-Lathifiyyah 1 Bahrul Ulum Tambakberas Jombang,  khususnya para pengurus bidang kreasi santri,  mampu membuat sebuah video yang berguna  untuk  kegiatan  promosi pondok ataupun sarana dakwah  yang  ditayangkan  pada  akun-akun  media  sosial,   seperti Youtube, Facebook,   dan Instagram.  Sebaiknya,   kegiatan  ini  dilanjutkan  untuk  mendukung  kegiatan  dakwah  di  pondok pesantren

 

 

Published
2021-01-02
How to Cite
Firmansyah, K., & Kamal, M. M. (2021). Pelatihan Editing Video (Videografi) Menggunakan Aplikasi Smartphone (Kinemaster) bagi Santri PP. Al Lathifiyyah 1. Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 25-28. Retrieved from https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_if/article/view/1050
Section
Articles