Peningkatan Daya Saing Produk Pelaku Industri Makanan Olahan UMKM melalui Pelatihan Sertifikasi Halal dan BPOM

Authors

  • Septian Ragil Anandita Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Moh. Iqlil Al-faqih Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Ifta Nur Azah Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Nur Ghusain Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Wisnu Mahendri Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Khotim Fadhli Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

DOI:

https://doi.org/10.32764/abdimasekon.v3i3.3278

Keywords:

Community Empowerment, Training, Micro Small and Medium Enterprises, Certificate Label

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu untuk memberikan tambahan wawasan kepada para pelaku usaha mikro kecil dan menengah di Desa Sumbersari tentang pentingnya sertifikasi halal, melatih, dan membantu bisnis usaha mikro kecil dan menengah dalam memperluas pemasaran produknya guna untuk meningkatkan penjualan dan pendapatan dari bisnis usaha mikro kecil dan menengah tersebut. Pembuatan label halal ini ditujukan untuk memperluas pemasaran produk, menambahkan cara usaha mikro kecil dan menengahagar bisa berbisnis yang lebih bersaing, kompeten dan memperluas jaringan bisnis dari pelaku usaha mikro kecil dan menengah. Metode pendekatan untuk pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dengan metode Community Based Research yaitu penjelasan Narasumber kepada mitra. Metode yang dipakai pada kegiatan ini adalah pertemuan atau tatap muka antara narasumber dengan mitra yang bertempat di Desa Sumbersari, dimana narasumber berperan penting dalam menjelaskan materi-materi mengenai pelabelan halal dan bagaimana cara memperluas pemasaran dengan adanya label halal pada produk usaha mikro kecil dan menengah. Hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat diperoleh yaitu: Nomor Induk Berusaha dan label sertifikat pada produk usaha mikro kecil dan menengah, menggandeng salah satu pelaku usaha mikro kecil dan menengah yang ada di sana dengan pembuatan produk inovasi baru yaitu abon ikan lele. Label halal merupakan suatu bagian dari sebuah produk yang membawa informasi verbal tentang produk atau penjualnya, di mana label halal ini dapat membantu pelaku usaha mikro kecil dan menengah dalam memperluas pemasaran produknya serta menambah pendapatan bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah.

Downloads

Published

2022-12-11

How to Cite

Anandita, S. R., Al-faqih, M. I. ., Azah, I. N. ., Ghusain, N. ., Mahendri, W. ., & Fadhli, K. . (2022). Peningkatan Daya Saing Produk Pelaku Industri Makanan Olahan UMKM melalui Pelatihan Sertifikasi Halal dan BPOM. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 183–187. https://doi.org/10.32764/abdimasekon.v3i3.3278

Issue

Section

Articles