Pelatihan Pembuatan Media Belajar Sains Berbasis Ramah Lingkungan Bagi Guru SD/MI di Wilayah Jombang

  • Ino Angga Putra
  • Iin Baroroh Ma’arif
  • Suci Prihatiningtyas
Keywords: Pelatihan, Media Belajar Sains Berbasis Ramah Lingkungan, Keterampilan Guru SD/MI

Abstract

Kegiatan Pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan guru SD/MI membuat media belajar sains berbasis ramah lingkungan. Mendukung pelaksanaan Kurikulum 2013, maka Guru SD/MI harus memiliki keterampilan dalam merancang suatu media pembelajaran agar pembelajaran menjadi lebih variatif dan interaktif. Media pembelajaran yang dirancang oleh Guru SD/MI dibuat dari bahan-bahan yang  ramah lingkungan dan  ada  di  kehidupan sehari-hari siswa. Penggunaan media pembelajaran yang baik akan mempengaruhi kualitas mutu pembelajaran di kelas. Kegiatan pengabdian ini dilakukan melalui tahap pelatihan yang dilakukan selama 2 hari pada tanggal 27 & 28 Juli 2019. Pengambilan data menggunakan kuesioner kegiatan pelatihan dan angket penilaian penyusunan media. Hasil pelatihan ini diperoleh data hasil kepuasan bahwa 70% peserta pelatihan menyatakan bahwa kegiatan ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk mendukung proses pembelajaran di dalam kelas. Peserta pelatihan memperoleh wawasan terkait media belajar sains berbasis ramah lingkungan. Hasil penilaian keterampilan guru SD/MI dalam menyusun media diperoleh bahwa 75% peserta pelatihan pada kategori tinggi dan 25% pada kategori cukup tinggi. Kegiatan pengabdian ini diharapkan memberikan manfaat kepada guru SD/MI dalam peningkatan keterampilan mendesain/merancang media pembelajaran serta guru SD/MI dapat mengimplementasikan hasil medianya di dalam pembelajaran.

 

Kata kunci: Pelatihan, Media Belajar Sains Berbasis Ramah Lingkungan, Keterampilan Guru SD/MI .

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-11-12
How to Cite
Putra, I., Ma’arif, I., & Prihatiningtyas, S. (2019). Pelatihan Pembuatan Media Belajar Sains Berbasis Ramah Lingkungan Bagi Guru SD/MI di Wilayah Jombang. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin, 2(1), 352-356. Retrieved from http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/snami/article/view/717