PENGEMBANGAN MEDIA ‘’NahShorNa’’ DENGAN MENGGUNAKAN DUA BAHASA UNTUK PEMBELAJARAN NAHWU-SHOROF DASAR

  • Atik Husna
  • Iin Baroroh Ma’arif
  • Akhmad Kanzul Fikri
Keywords: Media NahShorNa, Bilingual, Nahwu-Shorof

Abstract

Peneliti melakukan penelitian ini melalui observasi kepada para siswayang minat belajarnya menurun dalam pembelajaran grammar Arab. Para siswa sudah mempunyai dasar
kemampuan dalam berbahasa inggris. Tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana kelayakan dari mendesain NahShorNa sebagai media 2 bahasa sesuai dengan kebutuhan belajar para siswa
dalam pembelajaran dasar Nahwu-Shorof. Penelitian ini meneliti 12 siswa. Subjek yang diteliti yaitu para siswa kelas 2 di pondok pesantren An-Nashriyah Bahrul ‘Ulum Tambakberas, Jombang.
Penelitian ini menggunakan data kualitatif dan menggunakan metode R&D. Instrument yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini berfokus
pada kemampuan membaca. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penilaian media NahshorNa mendapatkan nilai 88% dan tergolong interesting(menarik), hasil dari 2 penilai materi yaitu nilai
materi untuk bahasa inggris mendapatkan nilai 75% dan tergolong menarik, untuk materi bahasa Arab mendapatkan nilai 73,75% dan tergolong menarik juga. Kesimpulan untuk kelayakan media ini yaitu mendapatkan respon tergolong “Bagus”.

Kata Kunci: Media NahShorNa, Bilingual, Nahwu-Shorof.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-11-28
How to Cite
Husna, A., Ma’arif, I., & Fikri, A. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA ‘’NahShorNa’’ DENGAN MENGGUNAKAN DUA BAHASA UNTUK PEMBELAJARAN NAHWU-SHOROF DASAR. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin, 2(1), 39-46. Retrieved from http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/snami/article/view/667